apa pengertian emigrasi dan imigrasi

apa pengertian emigrasi dan imigrasi ~ Imigrasi dan emigrasi ialah salah satu pola perpindahan nan dilakukan oleh penduduk, kedua pola ini dilakukan tuk berpindah dari satu negara ke negara lainnya atau antar negara. Apa sebenarnya itu imigrasi dan emigrasi? Berikut ini penjelasan singkat mengenai kedua pola perpindahan penduduk tersebut.
apa pengertian emigrasi dan imigrasi

apa pengertian emigrasi dan imigrasi

Imigrasi ialah perpindahan penduduk dari negara/daerah lain masuk ke suatu negara dengan tujuan tuk menetap, sedangkan emigrasi ialah perpindahan penduduk keluar dari suatu negara/daerah ke negara lain tuk menetap disana. Penduduk nan melakukan imigrasi disebut imigran dan penduduk nan melakukan emigrasi disebut emigran.
Migrasi dapat dibedakan menjadi migrasi nasional dan migrasi internasional. Migrasi nasional ialah perpindahan penduduk nan terjadi dalam suatu negara, sedangkan migrasi internasional ialah perpindahan penduduk nan terjadi antarnegara, misalnya penduduk Indonesia pindah ke Australia dan penduduk Inggris pindah ke Amerika Serikat.

Bila seorang migran (penduduk nan pindah ke negara lain) melakukan kesalahan atau pelanggaran di suatu negara sehingga orang itu dipulangkan secara paksa ke negara asalnya disebut deportasi, sedangkan penduduk nan pindah kembali ke negara asalnya secara sukarela disebut repatriasi, seperti penduduk Indonesia pulang dari Suriname.

apa pengertian emigrasi dan imigrasi apa pengertian emigrasi dan imigrasi Reviewed by Herwandi on Mei 11, 2018 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.