pengertian irigasi menurut para ahli

Pengertian irigasi menurut para ahli ~ Berdasarkan peraturan pemerintah No. 23 Tahun 1998, defenisi dari irigasi  ialah usaha dalam penyediaan dan melakukan pengeturan air nan bertujuan tuk menunjang pertanian.

Menurut peraturan pemerintahan No. 22 tahun 1998 irigasi ini pula termasuk kedalam pengertian drainase yakni pengaturan air dari media tumbuh tanaman agar tak menganggu pertumbuhan atau produksi tanaman, sedangkan menurut dari Small dan Svenden menyebutkan bahwa irigasi ialah sebuah tindakan intervasi manusia tuk mengubah aliran air dari sumbernya dan tak mengganggu produksi pertanian.
pengertian irigasi menurut para ahli

pengertian irigasi menurut para ahli

Istilah dari irigasi ialah sebuah kegiatan nan berkaitan dengan memperoleh air  dari sebuah kebun atau usaha pertanian tuk meningkatkan produksi dari hasil pertanian. Adapun istilah lain dari irigasi ialah usaha penyediaan, pegambilan, pembagian dan pemberian air ke lahan usaha pertanian.

Menurut Abdullah Agoeda dalam sejarah Irigasi di Indonesia nan disebutkan dalam laporan Pemerintahan Belanda irigasi didefenisikan bahwa irigasi ialah sesuatu nan dilakukan secara teknis menyalurkan air melalui saluran-saluran pembawah air ke tanah pertanian dan setelah air tersebut diambil manfaat sebesarnya-besarnya akan menyalurkan ke saluran pembuangan terus ke sungai.

Menurut Gandakoesuma (1981:9) menyebutkan bahwa irigasi ialah usaha tuk mendatangkan air deengan membuat bangunan –bangunan dan saluran tuk mengalirkan air guna keperluan pertanian, membagikan air kesungai, atau ladang dengan cara nan teratur fan membuangair nan tak digunakan lagi, setelah digunakan air semuanya mengambil tindakan tuk melakukan pembatasan dari pengambilan air kesumbernya dibawah ketempat adiman air nan dibutuhkan atau diperlukan tuk membagikan kepada tanaman nan membutuhkan.
Menurut Mawardi (1989:5) menyebutkan bahwa irigasi ialah usaha tuk memperoleh atau memprolesh air nan menggunakan bangunan dan saluran buatan tuk memproleh penunjangnya produksi pertanian.

Tujuan Irigasi

Secara umumnya, tujuan irigasi terbagi menjadi dua macam yakni:
  • Tujuan Langsung: ialah irigasi dengan tujuan tuk membasahi tanah nan masih berkaitan dengan kapasitas kandungan air dan sudah ditanah, sehingga akan dapat mencapai suatu kondisi nan sesuai dengan kebutuhan pertumbuhan tanaman.
  • Tujuan tak Langsung: ialah irigasi dengan tujuan tak dapat bisa menampung atau membasahi serta menganggkut bahan pupuk melalui aliran air, mengatur suhu , mencuci tanah nan beracun, menaikan permukaan air tanah dan meninggikan elevasi air.

Manfaat Irigasi

  • Mempermudah pengelolaan media tanah sebelum melakukan penanam sebuah tanaman.
  • Tanaman penangguh lebih mudah diatasi dan dicegah.
  • Pengaturan temperatur tanah dapat berlangsung sesuai dengan keinginan.
  • Peningkatan kesuburan media tanah lebih cepat
  • Memperlancar proses pencucian tanah (leaching)

Itulah informasi tentang Pengertian Irigasi Menurut Para Ahli semoga berguna dan bermanfaat serta menambah ilmu pengetahuan anda.
pengertian irigasi menurut para ahli pengertian irigasi menurut para ahli Reviewed by Herwandi on Mei 08, 2018 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.