pengertian sosiologi secara umum dan khusus

Istilah Sosiologi menurut Auguste Comte yang berasal dari bahasa Yunani (latin). Sosiologi berasal dari kata socius berarti teman atau sesama dan logos berarti cerita. Jadi menurut arti katanya sosiologi memiliki arti cerita tentang teman atau kawan (masyarakat). Sebagai ilmu, pengertian sosiologi secara umum ialah sebuah pengetahuan kemasyarakatan tersusun dari hasil pemikiran ilmiah dan dapat dikontrol secara kritis oleh orang lain.
pengertian sosiologi secara umum dan khusus

pengertian sosiologi secara umum dan khusus

Berikut ini beberapa pengertian sosiologi secara umum dan khusus.
Roucek dan Warren
Sosiologi ialah ilmu nan mempelajari hubungan antarmanusia dalam kelompok-kelompok.
Pitirim A. Sorokin, sosiologi ialah ilmu nan mempelajari:
– Hubungan dan pengaruh timbal balik antara aneka macam gejala sosial (misalnya gejala ekonomi, gejala agama, gejala keluarga, dan gejala moral).
– Hubungan dan pengaruh timbal balik antara gejala social dengan gejala nonsosial (gejala geografis, biologis).

William F. Ogburn dan Mayer F. Nimkoff
Sosiologi ialah penelitian secara ilmiah terhadap interaksi sosial dan hasilnya, yaitu organisasi sosial.
d. J. A. A. Von Dorn dan C. J. Lammers Sosiologi ialah ilmu pengetahuan tentang struktur-struktur dan proses-proses kemasyarakatan nan bersifat stabil.

Max Weber
Sosiologi ialah ilmu nan berupaya memahami tindakan-tindakan sosial.

Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi
Sosiologi ialah ilmu kemasyarakatan nan mempelajari struktur sosial dan proses-proses sosial termasuk perubahan sosial.

Hassan Shadily
Sosiologi ialah ilmu nan mempelajari hidup bersama dalam masyarakat, menyelidiki ikatan-ikatan antara manusia nan menguasai kehidupan dengan mencoba mengerti sifat dan maksud hidup bersama, cara terbentuknya hidup bersama serta perubahannya, perserikatan hidup, kepercayaan, dan keyakinan.

Paul B. Horton
Sosiologi ialah ilmu nan memusatkan kajian pada kehidupan kelompok dan produk kehidupan kelompok itu.

Soerjono Soekanto
Sosiologi ialah ilmu nan memusatkan perhatian pada segi-segi kemasyarakatan nan bersifat umum dan berusaha tuk mendapatkan pola-pola umum kehidupan masyarakat.

Dari beberapa uraian para ahli itu di atas dapat disimpulkan bahwa pengertian sosiologi secara umum dan khusus ialah ilmu pengetahuan nan mempelajari tata hubungan dalam masyarakat, serta berusaha mencari pengertian-pengertian umum, rasional empiris, bersifat umum dan dapat dikontrol secara kritis oleh orang lain nan ingin mengetahuinya. 
pengertian sosiologi secara umum dan khusus pengertian sosiologi secara umum dan khusus Reviewed by Herwandi on Mei 20, 2018 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.